Berawal dari Tahu Bulat

Tahu bulat, menjadi makanan yang sedang digandrungi oleh masyarakat seluruh Indonesia saat ini. Bagaimana tidak digandrungi, dari orang tua, remaja, hingga anak-anak pun pasti tahu dengan makanan yang dijajahkan oleh para penjual yang menggunakan mobil dengan tambahan suara speaker yang mungkin kita juga hafal bagaimana lantunan yang terdengar di mobil penjual tahu bulat tersebut.

Namun, jauh sebelum tahu bulat dikenal banyak orang, pada tahun 2009 yang lalu seorang pria bernama Limantomo sudah berjualan tahu bulat keliling. Berbeda dengan saat ini, saat itu Limantomo hanya berjualan tahu bulat dengan berkeliling menggunakan sepeda motor.

Meskipun hanya untung senilai 200 perak dari setiap tahu yang dijualnya, Tomo panggilan akrabnya, tetap gigih untuk berjualan tahu bulat dari pagi hari hingga malam hari ditambah dengan kesibukannya di bangku kuliah pada saat itu.

Keuntungan yang di dapatnya dari berjualan tahu bulat digunakannya untuk membiayai kuliahnya. Bukannya tanpa hambatan, ketika memutuskan untuk berjualan tahu bulat Tomo banyak mendapatkan banyak hujatan dari teman-teman kuliahnya di kampus.

Selain mendapat banyak hujatan, kisah sedih lainnya yang dialami oleh Tomo adalah saat berhasil mengumpulkan uang dari hasil jualan tahu bulatnya untuk membeli laptop pertamanya, Tomo justru tertipu oleh pedagang laptop tersebut.

Namun, hal itu tidak menyurutkan Tomo untuk terus berusaha dan bekerja keras kembali mengumpulkan uang dengan berjualan tahu bulat.

“Teman-teman saya di kampus sering menghujat saya ketika mereka tahu bahwa saya berjualan tahu bulat,” kata Tomo saat ngobrol santai dengan tim cepamagz. “Tapi saya tidak pernah membalas ejekan mereka, karena mungkin mereka tidak tahu betapa berharganya uang 200 perak yang bisa anda dapatkan dari keringat anda sendiri. Jangan dilihat dari 200 peraknya, namun lihatlah dari jumlah tahu bulat yang bisa saya jual tiap harinya, karena pada saat itu saya mampu membawa pulang uang minimal 200 ribu rupiah tiap harinya.”

Perkenalannya dengan Kaskus akhirnya merubah kehidupan Tomo. Berawal dari iseng-iseng membuka Kaskus karena mendapat rekomendasi dari temannya yang bernama Gia untuk membeli sebuah modem di Kaskus, Tomo perlahan-lahan mulai buka-buka Kaskus.

Bersambung…

(khs)

LEAVE A REPLY