Picture By : www.ascomaxx.com

Biasanya bintang utama selalu menjadi sorotan publik, apalagi jika memiliki prestasi yang gemilang. Lantas bagaimana dengan pemeran pembantu atau pemain cadangan? Lazimnya mereka menjalani hidup tanpa keglamoran layaknya bintang utama. Namun tidak bagi BMW M1 Procar tahun 1979 ini. Mobil ini merupakan salah satu dari hanya 40 unit BMW M1 berchassis Procar yang diproduksi antara tahun 1979 hingga 1980.

[Best_Wordpress_Gallery id=”35″ gal_title=”Ascomaxx pemain cadangan”]

 

Mobil dengan nomor urut chassis Procar ke-31 dari 40 unit ini memulai hidupnya sebagai mobil cadangan untuk seri balap the BMW M1 Procar Championship. Awalnya memang diciptakan sebagai mobil dengan spesifikasi balap, namun BMW M1 ini sama sekali tidak pernah merasakan panasnya kompetisi di atas permukaan aspal sirkut mana pun di dunia.

Lalu BMW mulai mengubah arah jalan hidup mobil ini, dengan membuatnya sebagai mobil ‘normal’ dan dijual melalui dealer BMW AG Niederlassung. Di bulan November 1979, mobil ini dibeli oleh seorang pria yang berasal dari kota Mainz, Jerman, dan kemudian berpindah tangan dari pada bulan Oktober 1981. Selanjutnya, BMW M1 ini dibeli oleh seorang seniman yang gemar melukis.

Mobil sport ini kemudian masuk ke sebuah dealer BMW, AHG, di bulan Mei 1983. Peter Gartemann, pemilik dealer AHG, memiliki ide untuk menciptakan paket bodi khusus BMW M1 bergaya mobil balap Procar, namun mobil tersebut masih tetap dapat digunakan untuk pemakaian di jalan raya. Paket bodi ala Procar tersebut dinamakan AHG M1 Studie dan mobil dengan nomor chassis 4301094 adalah salah satu dari 10 unit M1 yang menggunakan ‘jubah’ AHG M1 Studie dari Peter Gartemann tersebut.

BMW M1 ini lalu dibeli oleh seorang kolektor asal Amerika dari dealer Automobile International idi kota Munich, Jerman, pada bulan November 1983 dan tiba di negara Paman Sam tersebut pada bulan Maret 1984. Mobil ini begitu populer di kalangan antusias BMW di Amerika, bahkan hingga akhir tahun 1990an. Lalu si pemilik memutuskan untuk menyimpan M1 ini di garasi besarnya.

Bulan Oktober 2012, BMW M1 dibangunkan dari tidur panjangnya dan sejak pertama kali tiba di Amerika, jarak tempuhnya hanya bertambah sekitar 6.000 km saja. Canepa, sebagai spesialis mobil sport dan eksotis, ditunjuk sebagai ‘klinik’ untuk mengobservasi kondisi BMW M1 ini. Lalu mobil ini direstorasi secara menyeluruh, meski bodinya bebas dari karat maupun keropos, dan tidak pernah mengalami benturan sedikit pun.

Saat pelepasan berbagai komponen bodi, sederet ciri khas BMW M1 Procar pun terkuak pada mobil ini. Mulai dari beberapa lubang di bodi bekas adanya spoiler, beberapa titik tempat pemasangan suspensi balap, hingga sejumlah braket khusus spesifikasi Procar yang tidak ditemui pada M1 versi normal. Lantas selanjutnya mobil ini diputuskan untuk kembali dibuat sebagai Procar, namun versi ‘jalan raya’.

Targetnya ialah menggunakan komponen asli berspesifikasi Procar semaksimal mungkin. Canepa pun mencari sejumlah komponen spesial tersebut ke berbagai penjuru dunia, mulai dari seluruh komponen kaki-kaki khusus milik Procar, as roda, spion, body kit, sayap belakang, hingga velg BBS dengan center-lock. Semua komponen bodi juga dibenahi hingga titik paling sempurna dan dilabur cat warna Basalt Blue.

Mesin M88/1 6 silinder DOHC berkapasitas 3,5 liter yang diusungnya, dikirim ke VAC Motorsports untuk dibenahi secara total. Sistem injeksi bahan bakar mekanikal buatan Kugelfischer pun dilengser dengan sistem injeksi bahan bakar elektronis lansiran Motec, meski secara visual masih terlihat seperti masih menggunakan sistem aslinya. Tenaga maksimal yang dihasilkan ialah 414 hp dan torsinya mencapai 484 Nm.

Transmisi manual 5-speed buatan ZF dikirim ke Vintage Racing Motors Inc. untuk diperbaiki secara menyeluruh. Sayangnya, komponen rem Procar sudah tidak tersedia lagi, sebagai gantinya ialah kaliper rem Brembo milik Porsche 962 dan dipadu dengan cakram rem dari Porsche 935. Suspensinya kini menggunakan coil-over buatan Penske untuk bagian depan dan belakang.

Setelah restorasi spektakuler tersebut rampung, BMW M1 Procar ini diboyong menuju event Rolex Monterey Motorsports Reunion di sirkuit Mazda Raceway Laguna Seca, Salinas, California, pada pertengahan bulan Agustus 2016 silam. Hasil restorasi Canepa ini pun berhasil mengundang decak kagum para pengunjung acara tersebut.

Sumber : www.ascomaxx.com

By : Mada

Pastikan Anda Sudah Mengunduh Aplikasi cepamagz.com yang sudah tersedia di IOS dan Android

cepamagzcepamagz