Di musim 2015/2016 Liga Premier hari ini kita dikejutkan oleh kiprah klub yang sebelumnya tidak masuk dalam hitungan, Leicester City. Bagaimana tidak ??? di musin 2014/2015 klub ini harus berjuang untuk terhindar dari degradasi dan pada akhirnya lolos diperingkat 14 hanya dengan mendapat 43 point saja, dari 11 kali kemenangan dan 8 kali seri, sisanya kalah.

Pencapaian Leicester hari ini tak terlepas dari peran besar sang manager Claudio Ranieri yang mampu membawa teamnya menjadi kampium hingga paruh musim ini dengan pencapaian point 40 yang artinya sama dengan satu musim di musim 2014/2015.

Memperbincangkan klub ini menjadi sangat menarik akhir-akhir ini, karena banyak dari kita yang berharap Leicester mampu terus menunjukkan performance hingga akhir musim, mungkin kita sudah bosan dengan team yang itu-itu saja sebagai kampiumnya.

images

Namun yang lepas dari pengamatan atas pencapaian Leicester hari ini adalah bagaimana sang manager menetapkan target kepada seluruh team nya, mereka tidak menargetkan menjadi juara, atau sekalipun masuk ke posisi 4 besar, yang menjadi target hanya ingin terhindar dari posisi tak aman di zona degradasi. Dan Ranieri tahu benar berdasar pengalaman musin lalu, untuk bisa aman maka harus memastikan mengumpulkan point 40 lebih awal.

Rasanya ini yang menjadi awal performa Leicester seperti saat ini, dengan target yang masuk akal, sadar akan kemampuan yang dimiliki dan membuat target seolah lebih mudah untuk dicapai, yang pada akhirnya membuat team merasa nyaman, sehingga mereka semua bekerja keras untuk meraih target tersebut.

Ranieri hanya menargetkan untuk bisa mendapatkan point 40 untuk dapat bertahan di liga utama, bayangkan jika diawal ditetapkan target menjadi 4 besar, saya yakin hal justru membuat stress para pemainnya.

Effek lainnya adalah pemain menjadi bersemangat dan pada akhirnya muncul bintang-bintang baru dari team ini. Menentukan target sangat penting dalam hal ini, begitu juga dalam bisnis Anda……………

Pastikan target yang Anda tetapkan masuk akal, terkonfirmasi dengan baik kepada seluruh anggota organisasi Anda, dan jangan muluk-muluk …………….. Jangan buat team Anda stress & kontra produktif dengan target yang Anda canangkan.

Memang Leicester belum tentu menjadi juara, namun minimal target 40 point telah terlampaui dan sudah pasti terhindar dari zona degradasi.

Bagaimana dengan Anda, sudahkah menentukan target tahun ini …….???

Twitter : @bams_cepa

Facebook : ironrar