Cepamagaz.com

TERNYATA WATAK BISA DIRUBAH

Saiful, begitulah namanya, kakak kelas waktu di SMA dulu, orangnya slengekan dan seenaknya sendiri. Ketika lulus SMA, tiba-tiba hilang begitu saja tanpa ada kabar beritanya dan entah kemana. Kebetulan waktu itu saya lebih sering berkumpul dengan kakak kelas dibanding rekan seangkatan.

Waktu berjalan terus dan tak terasa enam bulan kemudian kami menemukan Saiful dalam kunjungannya ke pos kami, dimana kami sering berkumpul di Jalan Putri Malu, Malang.

Kami menemukan Saiful tidak dalam kondisi kekurangan suatu apapun, justru ada kebanggaan yang muncul kemudian. Saiful mengenakan seragam militer, Akabri Darat.

Wouh….., Saiful yang dulu slengekan dan seenaknya sendiri, sekarang telah menjadi tentara. “Oih, Saiful tengtara, tengtara….. Kita punya beking sekarang he he he”

Kami tertawa-tawa dan seperti biasa kami berlaku masih seperti dulu, dengan mengajak bercanda dan berbincang dengan seenaknya. Terasa ada yang ganjil dalam pertemuan itu, tak ada respon seperti dulu lagi dari seorang Saiful, meski kami semua berusaha menggodanya dengan guyonan nakal yang sering kami lakukan saat bersama dulu.

Saiful bergeming dengan gaya tentaranya dengan duduk sikap tegaknya, serta nada bicara yang teratur dan seperti tertahan. Bahkan kami gelitik pun, Saiful hanya tersenyum, masih nampak keinginannya untuk bergumul bersama kami seperti dulu, namun sepertinya Saiful bisa bertahan dengan gaya tentaranya.

Waktu yang hanya enam bulan telah merubah Saifulku menjadi sosok yang berbeda sama sekali. Kami berseloroh, paling juga bertahan sebentar. Namum ternyata berjalannya waktu dari tahun ke tahun, di pertemuan-pertemuan berikutnya Saiful benar-benar telah berubah.

“Saiful telah berubah setelah jadi tentara”

Itu cerita 23 tahun lalu dari sekarang, waktu terus berjalan hingga tahun 1996 saya menemukan buku dengan judul “7 Habits” karangan Steven Covey yang saya ingat sampai saat ini adalah bagian dari buku itu yang menerangkan tentang “HUKUM PANEN”.

Begini kira-kira bunyinya :

“Tanamlah perbuatan, anda akan memanen tindakan, tanamlah tindakan, anda akan memanen kebiasaan, tanamlah kebiasaan, anda akan memanen watak anda, tanamlah watak, maka anda akan memanen nasib dan takdir anda”

Sebuah perumpamaan yang akhirnya menjawab pertanyaan saya bertahun-tahun tentang Saifulku.

Kebiasaan yang baik yang dilakukan terus menerus akan mampu merubah tidak hanya watak tapi juga hidup kita, rejeki kita, bahkan nasib dan takdir kita. Tak perlu harus dengan waktu yang lama untuk merubah dan berubah, seperti halnya cerita Saiful di atas.

Buktikan !!! karena saya sendiri telah membuktikannya. Lakukan terhadap diri anda, product anda, brand anda, customer anda.

Saya tunggu anda semua, memanen nasib dan takdir anda !!!!!

BAM